Let Us Guide You to Reach Your imagination and passion beyond conventional thinking

Sunday, October 30, 2011

Tips Arsitek




Tips Memilih Jasa Arsitek dengan 3R

Di tengah persaingan ketat dalam dunia arsitektur banyak para arsitek memasarkan berbagai cara untuk menjual berbagai jasa konsultasi perencanaan dan perancangan  arsitektur serta proses pembangunan atau konstruksi.
Tumbuhnya apresiasi serta keinginan masyarakat akan jasa arsitek mendorong mereka untuk lebih mencermati lagi berbagai macam pilihan dan penawaran jasa yang tersedia.
Di Indonesia (khususnya Jakarta) ini ada banyak arsitek yang membuka praktik konsultan baik yang bersertifikat ataupun tidak,ada yang tergabung dalam asosiasi  Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ataupun tidak; ada berbagai macam pilihan memang yang kadang membuat klien atau pengguna jasa menjadi bingung.
Adapun bagi anda yang ingin memakai jasa arsitek,saya mencoba memberi tips bagaimana cara memilih jasa konsultan mana yang akan kita pilih,adapun tips ini agar mudah diingat adalah dengan memakai 3R :

1.     Rekomendasai atau referensi
2.     Rekam jejak (track Record)
3.     Rasional



1. Rekomendasi atau referensi

Rekomendasi atau referensi merupakan cara yang paling efektif untuk memilih jasa arsitek,karena ini biasanya terjadi dari mulut ke mulut melalui kerabat,saudara ataupun relasi anda yang pernah menggunakan jasa tersebut dan merasa puas terhadap hasil yang didapat. Dari sini anda dapat lega ataupun yakin karena memang hal utama dari jasa konsultasi adalah menjaga  kepercayaan,andapun dapat banyak bertanya mengenai tahapan proses apa saja yang ditawarkan. Yang perlu diperhatikan bahwa anda memilih jasa  konsultan arsitek tujuan utamanya adalah konsultasi ,bukan  sebatas membeli gambar; jadi factor kenyamanan atau pun kepercayaan memegang peran penting,dimana anda yakin bahwa arsitek inilah yang dapat merealisasikan keinginan anda.


2. Rekam Jejak ( Track Record )

Setelah anda mendapatkan rekomendasi tersebut ada baiknya juga anda lihat  serta amati secara cermat dan langsung hasil karya arsitek tersebut. Dari sana anda juga dapat melihat kualitas  hasil karya tersebut,bagaimana implementasi dari sebuah gagasan ide-ide yang tertuang dalam dokumen perencanaan menjadi sebuah realita.
Anda juga dapat bertanya desain apa saja yang pernah dikerjakan dan berapa lama mereka memulai prakteknya hingga kini.Hal ini pasti akan diceritakan oleh arsitek tersebut tentang karya-karyanya dan andapun dapat meminta portofolio mereka,sekali lagi ini adalah langkah agar anda merasa yakin dan nyaman untuk memberi kepercayaan.


3. Rasional

Yang ketiga ini adalah rasiomnal, artinya jasa konsultasi yang diberikan sesuai dengan Fee desain yang diberikan yang berbanding lurus terhadap lama waktu konsultasi,proses desain development hingga terbitnya dokumen perencanaan serta estimasi biaya.
Ada banyak  penawaran jasa arsitek yang menurut saya tidak logis atau etis apabila dibandingkan dengan hasil yang dihasilkan serta proses yang panjang dengan merendahkan fee desain.
Kwalitas pasti berbanding lurus dengan hasil maksimal dari sebuah karya desain arsitektur.
Berdasarkan Pedoman hubungan kerja antara arsitek dengan pemberi tugas yang ada pada asosiasi Ikatan Arsitek Indionesia (IAI) fee arsitek untuk rumah tinggal berkisar antara 5-7%.

Dari uraian singkat di atas mudah-mudahan kami  dapat membantu banyak klien untuk menemukan pilihan yang sesuai dengan harapan dan realita.



Yunus Noor Architect

No comments: